Monday, November 23, 2020

Mau Beli iPhone? Cek Dulu di imei.kemenperin.go.id atau Menyesal


Jika kamu mau ponsel baru cek dulu IMEI ponsel di situs imei.kemenperin.go.id. Pasalnya, jika kamu terlanjut beli ponsel black market (BM), maka smartphone takkan bisa digunakan.

Ini karena Kementerian Komunikasi (Kominfo) telah mengoperasikan Central Equipment Identity Register (CEIR) sebagai pusat pengolahan informasi IMEI yang dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI, mulai 15 September 2020.

"Semua perangkat telekomunikasi jenis handphone, komputer genggam dan komputer tablet (HKI) yang IMEI-nya tak terdaftar di sistem CEIR, tidak akan mendapatkan layanan jaringan perangkat telekomunikasi bergerak seluler (sinyal)," ujar pemerintah dalam keterangan pers bersama, Kamis (17/9/2020).

Bagi kamu yang ingin membeli ponsel baru, wajib hukumnya untuk memeriksa IMEI ponsel pada kemasan dan mengeceknya di situs imei.kemenperin.go.id. Selanjutnya melakukan uji coba perangkat yang akan dibeli dengan memasukkan SIM Card.

"Pastikan perangkat tersebut mendapat sinyal dari operator. Jika tidak mendapat sinyal, patut diwaspadai bahwa perangkat tersebut tidak terdaftar," ujar pemerintah.

"Untuk pembelian secara online, pastikan bahwa penjual menjamin IMEI perangkat sudah tervalidasi dan teregistrasi sehingga dapat digunakan. Pedagang offline maupun online bertanggungjawab terhadap HKT yang diperdagangkan."

Nah, bagi masyarakat yang membeli HKT secara online melalui barang kiriman atau membawa perangkat dari luar negeri atau dari Free Trade Zone melalui bandar udara dan pelabuhan, wajib mendeklarasikan, memenuhi kewajiban perpajakan.

"Dan dapat mendaftarkan IMEI perangkat melalui https://www.beacukai.go.id/register-imei.html atau melalui Aplikasi Mobile Beacukai yang dapat diunduh melalui Play Store. Aktivasi perangkat dengan sim card Indonesia akan bisa dilakukan maksimal 2 x 24 jam," ujar pemerintah.


Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200917153845-37-187574/mau-beli-hp-cek-dulu-di-imeikemenperingoid-atau-menyesal

No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Membeli Canva Pro dan Menikmati Game di Steam

Untuk membeli Canva Pro, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi situs resmi Canva di www.canva.com. Setelah itu, Anda dapat...