Thursday, November 12, 2020

Pengalaman Naik Pesawat Jakarta-Malang saat Cuti Bersama

Naik pesawat Jakarta-Malang terasa berbeda saat pandemi. Protokol kesehatan harus dipatuhi namun tak menyurutkan antusiasme penumpang untuk bepergian.

Img: WIGATOS.com

Momen libur cuti bersama Oktober 2020 dimanfaatkan masyarakat untuk jalan-jalan baik di dalam maupun ke luar kota. Salah satu destinasi yang diminati traveler adalah Kota Malang, Jawa Timur.

Dari Jakarta menuju Malang, traveler dapat memanfaatkan beberapa pilihan moda transportasi. Bisa dengan mobil, kereta api, atau pesawat.

detikTravel sendiri berkesempatan menyambangi Kota Malang menggunakan pesawat. Meski jadwal penerbangan adalah pukul 07.30 WIB, detikTravel telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma sejak pukul 05.00 WIB.

Datang beberapa jam sebelum jadwal penerbangan amat penting dilakukan saat ini, ya traveler. Sebab sebelum boarding, traveler harus melewati sejumlah pengecekan dokumen sebagai syarat terbang di masa pandemi.

Pertama, traveler harus menuju counter pemeriksaan hasil tes rapid atau PCR. Di sana traveler wajib menunjukkan bukti tes negatif untuk selanjutnya ditandatangani petugas dan diberi cap.

Pengalaman Naik Pesawat Jakarta-Malang saat Cuti BersamaRuang tunggu bandara yang lebih sepi dari biasanya. Foto: Putu Intan/detikcom

Pada saat itu, traveler juga diingatkan untuk mengunduh aplikasi eHac. Aplikasi eHac ini dikelola Kementerian Kesehatan yang berfungsi untuk memantau mobilitas dan status kesehatan traveler ketika bepergian antar kota dan antar negara.

Setelah itu, traveler diizinkan untuk masuk ke area check-in pesawat. Tapi sebelumnya, traveler akan bertemu dengan petugas lainnya yang akan memeriksa bukti tes dan tiket pesawat.

Jika sudah, traveler akan dicek suhu tubuhnya. Barulah traveler diizinkan menuju counter check-in.

Check-in saat ini pun sudah menggunakan sistem online. Jangan khawatir, traveler akan dipandu petugas untuk mengisinya. Jika sudah, traveler akan mendapatkan boarding pass secara online, tidak lagi berupa kertas.

Lanjut ke tahap selanjutnya, traveler kembali bertemu dengan petugas yang akan memeriksa KTP, boarding pass, dan hasil tes COVID-19 tadi. Bila sudah lengkap, traveler diizinkan masuk ke ruang tunggu.

Memasuki ruang tunggu, suasana memang tak seramai ketika sebelum pandemi. Dari pantauan, jumlahnya hanya puluhan orang.

Fasilitas ruang tunggu pun disesuaikan dengan protokol kesehatan. Bangku-bangku diberi tanda dan di hand sanitizer diletakkan di sejumlah titik.

Pengalaman Naik Pesawat Jakarta-Malang saat Cuti BersamaKondisi pesawat Jakarta-Malang, Jumat (30/10/2020) pagi. Foto: Putu Intan/detikcom

Selanjutnya ketika memasuki pesawat, penumpang juga diwajibkan untuk menjaga jarak. Kursi penumpang pun tak lagi terisi penuh. Kendati demikian, penerbangan pagi ini terbilang cukup ramai karena sebagian besar kursi pesawat terisi.

Perjalanan nak pesawat Jakarta-Malang ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit. Tak banyak kegiatan yang dilakukan oleh awak kabin dan penumpang. Sesekali pengumuman dikumandangkan untuk mengingatkan penumpang menaati protokol kesehatan.

Sesampainya di Bandara Abdulrachman Saleh Malang, terlihat suasana bandara yang sibuk. Pagi itu ada dua pesawat yang mendarat di Malang yakni Citilink dan Batik Air.

Puluhan penumpang langsung menghambur keluar pesawat. Namun sebelum keluar dari bandara, penumpang wajib menunjukkan kartu eHac masing-masing.

Petugas sudah berjaga di depan pintu gerbang untuk memindai barcode yang terdapat di aplikasi eHac. Jika sudah, barulah penumpang dapat melanjutkan perjalanannnya dan menikmati libur cuti bersama di Kota Malang.

Artikel: DETIK.COM/Travel

No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Membeli Canva Pro dan Menikmati Game di Steam

Untuk membeli Canva Pro, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi situs resmi Canva di www.canva.com. Setelah itu, Anda dapat...